Friday, February 15, 2019

5 Kunci Merawat Bayi Kuning Sendiri di Rumah

Sebagian besar bayi yang dilahirkan di dunia ini bisa terserang penyakit kuning. Pada umumnya penyakit kuning disebabkan oleh pigmen bayi yang bernama bilirubin yang terkandung di dalam sel darah merah. Dalam jangka waktu tertentu sel darah merah tersebut dapat mati dan tidak terurai yang menyebabkan penyakit kuning. Berikut kunci merawat bayi kuning sendiri di rumah.

1. Berikan ASI Lebih Sering
Ternyata dengan memberikan ASI lebih sering sangat efektif untuk mengatasi penyakit kuning yang bersifat patologis. Pasalnya ASI dapat membuat sistem imun bayi lebih meningkat dibanding sebelumnya. Sistem imun sendiri bermanfaat untuk menjaga sel otak bayi dari serangan bilirubin. Tak hanya itu, ASI juga dapat memberikan ketenangan pada bayi dan menghindarkan dehidrasi.

2. Menjemur Bayi
Menjemur bayi ternyata sangat efektif untuk mengatasi masalah bayi kuning yang disebabkan secara fisiologis atau normal. Kandungan vitamin D pada sinar matahari ternyata sangat efektif untuk membantu bayi agar terhindar dari penyakit kuning. Namun meskipun begitu Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menjemur si kecil.

Pastikan jemur bayi pada pukul setengah delapan hingga sembilan pagi dengan cuaca yang cerah dan tidak mendung. Jemurlah kurang lebih selama 30 menit. pastikan juga untuk menjemur bayi dalam keadaan telanjang. Selain itu, usahakan bagian kulit yang mengalami masalah kuning mendapat sinar matahari yang cukup.

3. Perhatikan Fisik Bayi
Agar dapat memberikan perawatan yang tepat, Anda juga harus memperhatikan kondisi fisik bayi. Pastikan Anda mengetahui dengan pasti bagaimana kondisi bayi yang mengalami masalah kuning. Pada umumnya bayi yang memiliki masalah penyakit kuning fisiknya cenderung lemas dan tidak banyak bergerak. Mereka juga tidak mau menyusu pada ibunya dan tidak bisa menangis kencang.

4. Terapi Sinar
Terapi sinar merupakan salah satu jenis terapi untuk penanganan masalah penyakit kuning. Terapi ini biasanya dilakukan oleh pihak rumah sakit yang dilengkapi dengan phototherapy. Untuk melakukan terapi yang satu ini biasanya bayi dimasukkan ke dalam box dan kemudian tubuh bayi akan dilakukan penyinaran. Pada umumnya terapi ini dilakukan dengan rentan waktu tertentu.

5. Mencari Penyebab Bayi Mengalami Masalah Kuning
Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan demi mencegah terjadinya masalah kuning adalah degan mencari tahu apa penyebab masalah tersebut. Apakah penyakit kuning tersebut disebabkan karena faktor patologi atau fisiologis. Jika disebabkan karena faktor fisiologi maka dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika disebabkan oleh faktor patologis harus ada campur tangan dokter.

Nah, di atas merupakan beberapa cara mudah merawat bayi kuning yang dapat Anda lakukan di rumah. Selain mengetahui bagaimana cara perawatannya, pastikan Anda juga mengetahui bagaimana cara mencegah terjadinya penyakit kuning pada bagi agar tidak semakin parah. Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips lainnya hanya dengan mengunjungi orami.co.id. 
Disqus Comments