Monday, January 14, 2019

Tips Mudah Mencegah Cedera Lutut Saat Berolahraga

Berolahraga memang sangat dianjurkan dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Meskipun begitu, ketika Anda tidak melakukannya dengan hati-hati cedera bisa saja terjadi. Cedera lutut merupakan salah satu masalah yang paling kerap dialami ketika berolahraga. Nah berikut merupakan beberapa tips mudah mencegah cedera lutut saat berolahraga.


Pilih Jenis Olahraga yang Tepat
Usia memang bukan merupakan salah satu faktor penghambat untuk seseorang melakukan olahraga. Namun meskipun begitu, Anda juga harus memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik Anda. Pasalnya jenis olahraga untuk anak muda tentunya berbeda dengan jenis olahraga yang dikhususkan untuk para lansia.

Berapa saja usia Anda dan sedang ingin melakukan olahraga, maka mulailah dengan jenis olahraga yang ringan terlebih dahulu seperti berjalan, berenang, senam aerobik, joging, dan lain sebagainya. Pemilihan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik tubuh Anda tentunya akan membantu mengurangi Anda mengalami cedera-cedera tertentu yang tidak diinginkan.

 Lakukan Pemanasan Sebelum Olahraga
Meskipun terdengar sepele, namun hal yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan ketika hendak memulai olahraga. Terlebih lagi bagi para penderita arthritis, peregangan sebelum berolahraga sangat dianjurkan. Pasalnya pemanasan yang sederhana sekalipun juga sangat bermanfaat untuk meringankan rasa sakit sekaligus menghindari terjadinya cedera lutut.

Pastikan Anda melakukan olahraga ketika tubuh sudah mulai merasa hangat. Lakukan pemanasan secara perlahan sebelum melakukan peregangan yang lebih intens  Sebab jika Anda langsung melakukan pemanasan maksimal, dikhawatirkan tubuh Anda akan mengalami cedera hiperekstensi. Lakukan secara perlahan namun pasti.

Kombinasi Olahraga Berat dan Olahraga Ringan
Beberapa olahraga berat yang dilakukan dengan intensitas tinggi memang dapat membantu membangun tulang agar lebih kuat. Namun sayangnya apabila olahraga dengan intensitas tinggi dilakukan secara terus menerus justru akan meningkatkan risiko terjadinya peradangan pada sendi lutut. Ada baiknya Anda mengombinasikan antara olahraga ringan dan olahraga berat.

Dengan mengombinasikan olahraga ringan dan berat ternyata sangat efektif untuk membantu mempertahankan kekuatan tulang. Berilah kesempatan kepada sendi Anda untuk beristirahat. Hal yang satu ini sangat disarankan bagi Anda yang sudah berusia di atas 40 tahun dan bagi Anda yang pernah mengalami berbagai masalah sendi lutut di masa lalu.

Bangun Kekuatan Otot Sekitar Sendi
Meningkatkan kekuatan otot pada bagian sendi ternyata dapat membantu untuk melindungi sendi lutut yang mengalami cedera. Pasalnya ketika lutut Anda didukung dengan otot-otot yang kuat maka landasan sendi lutut Anda juga akan terlindungi dari berbagai kerusakan. Begitu juga sebaliknya. Jadi lebih baik Anda membangun kekuatan pada sekitar otot sendi lutut.

Itulah beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menghindari cedera lutut selama berolahraga. Sebelum melakukan olahraga sangat penting bagi Anda untuk pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan merupakan hal terpenting yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi risiko terjadinya cedera selama berolahraga. Pastikan untuk memperhatikan beberapa tips di atas.
Disqus Comments