Saturday, December 22, 2018

Tips Dasar Menekuni Dunia Photography Dan Video

Kebutuhan akan bermedia sosial tentu menuntut kita untuk ahli dalam dunia photography dan video untuk terlihat lebih mendominasi. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan banyak kalangan yang ingin belajar tentang dunia fotografi yang baik dan benar. Bukan jadi masalah jika ingin belajar secara otodidak, namun perhatikan juga beberapa trik untuk bisa menguasainya dalam kurun waktu singkat. Nah, untuk anda para pemula yang ingin menguasai foto dan videografi https://fastwork.id/photography-video, anda bisa melakukan tips dasar ini untuk menekuninya,

4 Tips Dasar Menekuni Photography Dan Video Dengan Baik Dan Benar
1. Memiliki Kamera Dengan Operasi Sederhana
Bagi para pemula, tidak perlu terburu-buru untuk mencari kamera dengan spesifikasi yang tinggi. Hal ini malah akan membuat anda menjadi kebingungan, pilihlah kamera yang memiliki pengoperasian sederhana. Kamera smartphone bisa anda andalkan untuk mempelajari trik-trik dasar dalam photography dan video, apalagi sekarang ini banyak smartphone yang memiliki resolusi kamera yang mendekati kecanggihan DSLR. Dengan pengoperasian yang sederhana, anda bisa mendalami lebih mudah dasar-dasar fotografi dan videografi. Jika anda dirasa sudah bisa membidik dengan angle yang baik, anda bisa meningkatkan skill anda dengan mempelajari kamera DSLR.

2. Belajar Melihat Angle Yang Menarik
Belajar untuk lebih peka terhadap sudut atau angle foto yang baik berhubungan erat dengan kepekaan mata dalam menentukan komposisi, keadaan dan pencahayaan yang tepat. Memang tidaklah mudah, karena setiap fotografer memiliki caranya sendiri untuk dapat mengerti angle mana yang tepat untuk hasil yang artistik. Photography dan video bukan hanya berasal dari trik-trik jitu, tapi juga dari imajinasi kita sendiri agar mampu membayangkan estetika yang akan didapatkan pada setiap bidikan. Untuk lebih membiasakan hal ini, maka anda perlu melatih fotografi setiap harinya, jangan terburu-buru dalam membidik, perhatikan setiap komposisi, cahaya dan keadaan dengan tepat.

3. Stabil Dan Kurangi Zooming
Tak banyak para pemula yang justru memakai teknik zooming ketika awal-awal mempelajari teknik photography dan video. Padahal, teknik zooming yang berlebihan dan kasar membuat hasil foto dan video terlihat medok atau kurang enak dilihat. Jika memang terpaksa untuk melakukan zooming, latih dulu zooming yang lembut dan halus. Stabilkan kamera agar proses zooming terlihat lebih soft dan enak dilihat. Untuk videografi, hindari pemakaian zooming secara berkala, selain tidak sedap dipandang, video yang kebanyakan zooming akan menurunkan kualitas video tersebut karena kurang fokus.

4. Mempelajari Pengambilan Komposisi Yang Tepat
Dalam dunia photography dan video sebenarnya mempelajari teknik pengambilan gambar sesuai komposisi adalah hal yang penting. Seperti teknik pengambilan gambar secara dekat (close up), pembingkaian (farming), one line shooting dan masih banyak lagi. Jika anda ingin memiliki keahlian fotografi dan videografi dengan cepat, mempelajari teknik bidikan sesuai komposisi inilah yang paling penting. Jika anda sudah terbiasa, anda sudah tidak perlu menggunakannya, justru anda akan bermain perasaan dan pikiran untuk menemukan foto futuristik sesuai gaya anda sendiri.

Itulah beberapa tips dasar untuk dapat menguasai photography dan video bagi anda para pemula. Selain penggunaan perangkat kamera sederhana, anda juga dianjurkan untuk memulai editing video dan foto menggunakan aplikasi yang sederhana. Anda bisa menggunakan windows movie maker, openshot dan beberapa aplikasi lainnya yang memiliki operasional yang simpel. Anda juga disarankan untuk memiliki laptop atau komputer dengan daya tampung yang besar, karena aplikasi editing biasanya memiliki bobot yang lumayan besar. Berlatihlah membidik dengan menggunakan tripod untuk mendapatkan bidikan foto atau video lebih stabil.
Disqus Comments