Tuesday, December 25, 2018

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Tumbuh Kembang Bayi

Tumbuh kembang bayi menjadi hal yang penting untuk selalu dipantau agar anak bisa menjadi anak-anak dengan pertumbuhan dan perkembangan terbaik. Anda harus memulainya sejak baru lahir dengan cermat. Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Mungkin anda juga tertarik info masalah tumbuh kembang bayi di https://www.generasimaju.co.id/pertumbuhan-dan-perkembangan-bayi-di-periode-emas.

Kondisi Biologis
Faktor yang paling mendasar mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah kondisi biologis. Artinya kondisi ini sudah menjadi hal yang dapat mempengaruhi sejak bayi dilahirkan. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan konsultasi dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Kesehatan
Tumbuh kembang bayi sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatannya secara menyeluruh. Terlebih lagi Anda tentu sudah mengetahui bahwa bayi memiliki sistem imun yang masih rentan terkena penyakit. Jika kondisi kesehatannya sudah menurun, maka akan mempengaruhi tingkat perkembangan dan pertumbuhan secara signifikan.

Cara menjaga kesehatannya dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup. Dimulai dengan pemberian ASI eksklusif yang berkualitas dan dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI yang kaya dengan gizi.

Bayi yang diberikan ASI eksklusif memiliki tingkat risiko yang jauh lebih rendah untuk terserang penyakit. Jenis makanan pendamping ASI salah satunya yang paling mudah dan cepat untuk diberikan adalah susu formula SGM.

Selain itu, kesehatan harus dijaga dengan melakukan imunisasi aktif kepada bayi. Imunisasi berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Anda bisa melakukan imunisasi secara rutin di posyandu sesuai dengan usia bayi. Pastikan semua imunisasi dilakukan tanpa ada yang ketinggalan.

Kebersihan
Faktor yang juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah kebersihan. Ketika kebersihan bayi tidak dijaga dengan baik, tentu saja bayi menjadi rentan untuk terserang penyakit. Misalnya saja jika Anda memberikan susu formula dengan menggunakan botol yang tidak dijaga kebersihannya. Risikonya botol akan dihinggapi bakteri dan jamur.

Hal ini tentu saja berbahaya bagi bayi karena mempengaruhi kesehatannya dan akhirnya berdampak pada pertumbuhan dan perkembangannya. Mulailah menjaga kebersihan bayi dengan cermat dan teliti untuk semua kebutuhannya. Alat mandi, makan, dan tempat tidur.

Jangan sampai Anda lalai dan mengabaikan kebersihan pada bayi. Jika Anda tidak telaten dalam mengurusi hal ini maka risikonya bayi akan tumbuh dan berkembang secara tidak optimal. Jangan lupa untuk memilih perlengkapan kebersihan seperti sabun yang aman digunakan untuk bayi.

Pola Asuh
Sadar atau tidak pola asuh yang Anda terapkan juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sebab pertumbuhan tidak hanya perkara fisik tetapi juga psikologis. Anda harus memberikan waktu yang cukup kepada bayi untuk mencurahkan kasih sayang.

Temani bayi Anda melewati masa-masa tumbuh kembangnya dengan baik. Mulai dari telungkup, merangkak, duduk, berjalan, hingga berlari. Anda tidak boleh melewatkan proses ini. Pola asuh yang baik dari Anda tentunya akan melakukan pemantauan yang cermat. Pemantauan inilah yang akan sangat membantu untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Ketika ada saja yang lambat atau tidak dalam kondisi normal, Anda bisa dengan cepat mengambil tindakan. Sebisa mungkin untuk melakukan stimulasi kepada bayi agar pertumbuhan dan perkembangan dirinya berjalan dengan optimal. Lakukan konsultasi dengan dokter jika ada hal yang menganjal dari tumbuh kembang bayi Anda.

Orangtua merupakan kunci utama dari tumbuh kembang bayi secara optimal. Anda perlu memberikan waktu yang lebih untuk menjaga bayi dan memenuhi kebutuhannya. Masa-masa pertumbuhan bayi tidak dapat diulang jika terjadi sesuatu yang tidak normal dan Anda terlambat mengetahuinya, maka akan berisiko besar. Efek dari tumbuh kembang ini adalah masa depannya.
Disqus Comments