Friday, February 2, 2018

Bagaimanakan Virus HIV itu?

Bagaimanakan Virus HIV itu? HIV adalah singkatan dari human immunodeficiency virus. Ini adalah virus yang dapat menyebabkan sindrom imunodefisiensi didapat atau AIDS jika tidak diobati. Tidak seperti beberapa virus lain, tubuh manusia tidak dapat menyingkirkan HIV sepenuhnya, bahkan dengan pengobatan. Sehingga, ketika Anda terinfeksi HIV, Anda memilikinya seumur hidup.

HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, khususnya sel CD4 (sel T), yang membantu sistem kekebalan melawan infeksi. Tidak diobati, Penyakit HIV mengurangi jumlah sel CD4 (sel T) dalam tubuh, membuat orang lebih mungkin untuk mendapatkan infeksi lain atau kanker terkait infeksi. Seiring waktu, HIV dapat menghancurkan banyak sel-sel ini sehingga tubuh tidak dapat melawan infeksi dan penyakit. Infeksi oportunistik atau kanker ini memanfaatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah dan menandakan bahwa orang tersebut mengidap AIDS, tahap terakhir infeksi HIV.

Apakah Virus HIV Dapat Disembuhkan?
Tidak ada pengobatan yang efektif saat ini, tetapi dengan perawatan medis yang tepat, HIV dapat dikendalikan. Obat yang digunakan untuk mengobati HIV disebut terapi antiretroviral atau ART. Hanya ada satu cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda memiliki HIV adalah untuk diuji. Mengetahui status Anda penting karena membantu Anda membuat keputusan yang sehat untuk mencegah penularan HIV.

Tidak ada obat yang efektif saat ini untuk HIV. Tetapi dengan perawatan medis yang tepat, HIV dapat dikendalikan. Perawatan untuk HIV disebut terapi antiretroviral atau ART. Jika orang dengan HIV memakai ART sebagaimana yang ditentukan, viral load mereka (jumlah HIV dalam darah mereka) bisa menjadi tidak terdeteksi. Jika tetap tidak terdeteksi, mereka dapat hidup lama, sehat dan secara efektif tidak memiliki risiko penularan Virus HIV ke pasangan HIV-negatif melalui seks. Sebelum pengenalan ART pada pertengahan 1990-an, orang dengan HIV dapat berkembang menjadi AIDS (tahap terakhir infeksi HIV) dalam beberapa tahun. Hari ini, seseorang yang didiagnosis dengan HIV dan diobati sebelum penyakit ini jauh lebih maju dapat hidup hampir sepanjang seseorang yang tidak memiliki HIV.


Disqus Comments